About Us Events Gallery Clients Partner Guestbook Contact Us
     
Membangun Konsep Pesta Impian
 


ImageMERANCANG tema pesta pernikahan,tentu saja tak semudah menghitung angka 1,2,3. Harus sesuai dengan karakter mempelai, bahkan orangtua.Apa saja ketentuannya?

Setiap calon pengantin pasti memiliki impian tentang pernikahannya. Bagaimana busana yang akan dikenakan, tata dekorasi pelaminan,suasana yang diharapkan, dan masih banyak lagi detail lainnya pada pesta pernikahan.

Karena pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, tentu saja pengantin mengharapkan pernikahannya akan meninggalkan kesan dan kenangan yang indah. Perhelatan yang menarik, bukan hanya akan menjadi cerita di antara Anda dan pasangan, juga bagi siapa pun yang menghadirinya. Entah dengan gaya perayaan konvensional, tradisional,maupun eksperimental.

Semuanya bisa diwujudkan bila dana dan sumber daya tersedia dipersiapkan dengan baik. Banyak yang beranggapan bahwa pesta pernikahan menjadi ajang untuk memperlihatkan status sosial dan tingkat ekonomi pasangan pengantin. Pendapat ini mungkin benar, tapi sisi lain yang seharusnya diperhatikan adalah karakter atau tipe diri kedua mempelai. Karakter dan personalitas calon mempelai penting dikenali sebelum merancang detail perayaan.

Mereka harus dapat menggambarkan, apakah mereka termasuk jenis pasangan sosial yang suka bergaul, atau lebih sebagai pribadi yang menjaga tata karma.Apakah mereka merupakan pasangan yang berani tampil eksentrik dengan berbagai ide yang superbeda? Namun begitu, perlu diketahui juga siapa yang akan hadir dalam pesta.Apakah relasi kedua orangtua Anda yang kemungkinan bertipe pasif dan formal, atau keluarga, handai tolan, dan kawan-kawan yang cenderung akrab dan spontan?

Ini semua akan sangat berguna untuk menentukan tema pesta pernikahan yang sesuai. Banyak cara untuk mendapatkan detail acara yang unik. Sebagai sumber inspirasi tema utama, pengantin bisa menggalinya dari latar belakang mereka berdua. Mulai dari perjalanan hidup,pekerjaan,kegemaran, latar belakang budaya, lokasi pesta, hingga kisah perjumpaan.

Tidak mengherankan ada pengantin yang membuat pelaminan mereka seperti interior sebuah taksi, dan dekorasi keseluruhannya seperti mengadopsi kondisi jalan raya. Rupanya mereka ingin mengenang pertemuan pertama mereka yang terjadi saat keduanya berebut taksi.Namun, apa pun tema yang akan dipilih, tentu saja pengantin tetap harus realistis dengan mempertimbangkan budget yang tersedia.

Sangat bijaksana jika pengantin memilih untuk menggunakan jasa wedding organizer untuk menerjemahkan ide calon pengantin itu sehingga mudah mewujudkannya. Meskipun harus mengeluarkan dana ekstra untuk membayar jasa mereka, cara ini sangat efisien dalam membantu mewujudkan tema pesta yang diharapkan.

Menciptakan Suasana Hangat

HAL yang saat ini mulai populer dilakukan dalam pernikahan pasangan muda adalah pesta yang digelar dalam nuansa hangat dan akrab.Artinya, pengantin tak lagi duduk di pelaminan sembari menunggu tamu datang dan bersalaman.

Sebaliknya, pengantin berbaur dengan para tamu undangan dan ikut menghidupkan suasana dengan bernyanyi, berdansa, atau bermain game seru. Agar leluasa saat melangkah, pastikan busana dan sepatu yang Anda kenakan cukup nyaman. Bila suasana akrab dan santai yang diharapkan, hindari pesta yang membuat Anda terjebak dalam formalitas yang menjenuhkan.

Pilihan venue di luar ruangan dan menghindari konsep sitting reception sangat tepat untuk membangun suasana akrab yang santai bagi Anda dan undangan. Buat resepsi secara sederhana dan bersifat lebih pribadi. Pembatasan jumlah undangan yang dibatasi hanya kepada kenalan terdekat akan membebaskan Anda dari kesibukan bersalaman tanpa tahu siapa yang disalami.

Image


Meski begitu, pasangan dengan karakter konvensional masih mempertahankan pesta yang penuh etika dan tata karma. Bisa disebabkan mereka tipe konservatif atau dorongan orangtua yang masih sesuai pakem. Namun,semua kembali pada selera dan gaya hidup yang dilakoni.

Asal Anda senang, mari kita berpesta. Agar mudah dikenang,berikan sentuhan berbeda bagi para tamu undangan, misalnya dengan memanfaatkan romantisme senja untuk mendapatkan suasana yang dramatis bagi pesta pernikahan Anda. Cukup gunakan model pelaminan sederhana yang ditempatkan dalam posisi berdampingan dengan pemandangan tersebut.

Bila ada sisi menarik lain, contohnya kerlap-kerlip lampu perumahan di kejauhan, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang pelaminan. Bosan dengan tata cahaya lampu yang cenderung datar dan begitu-begitu saja? Ada baiknya Anda coba menggunakan alternatif lain yang lebih unik.

Obor. Gunakan penerangan obor dengan meletakkannya di beberapa sudut yang diinginkan. Tentu saja, penggunaan cahaya seperti ini hanya cocok untuk pesta outdoor. Agar lebih dramatis lagi, tebarkan juga lilin apung di kolam renang atau di sepanjang tepian taman. Hemm, romantis bukan?

Pesta Yuk Pesta

MENGHIDUPKAN suasana pesta yang hangat dan akrab, susah-susah gampang. Sebab, tak semua tamu punya pengalaman tentang pesta di mana posisi pengantin yang sangat dekat dengan para tamu.

Untuk membangun keakraban dan kegembiraan, ada banyak cara yang bisa dilakukan mempelai. Namun, tentu saja dengan perencanaan yang matang sebelumnya.

Pengakuan Teman

Bila Anda termasuk kategori pasangan yang sosial dan pesta Anda hanya dihadiri kerabat dan sahabat dekat, Anda bisa meminta tamu-tamu untuk berbagi ”testimoni” tentang Anda berdua. Nikmati kenangan dan canda dalam suasana yang hangat tak terlupakan.

Dansa Yuk Dansa

Anda penggemar dansa, tamu-tamu yang datang juga punya selera yang sama. Terlebih, jika banyak di antara mereka mahir melakukannya, tak ada salahnya menyediakan waktu untuk berdansa tango, salsa,hingga poco-poco. Anda cukup mengoordinasikan dengan band pengisi acara untuk menyiapkan berbagai lagu yang tepat. Ayunkan langkah seiring irama. Dansa yuk dansa!!!

Image


Permainan dan Hadiah

Buat kemeriahan di pesta Anda. Ajak para undangan semua untuk terlibat dalam pesta lewat permainan-permainan yang menarik dan membangkitkan gairah, misalnya untuk pasangan terkompak, pasangan dansa paling serasi, hingga hadiah untuk undangan dengan busana paling sesuai dress code. Jangan lupa, agar lebih seru, berikan berbagai hadiah untuk pemenangnya. Mereka pasti berlomba-lomba menyemarakkan pesta.

Romansa dalam Nostalgia

Kalau Anda berdua bukan golongan orang tertutup, pasti menyenangkan membuat permainan kecil yang bisa membangkitkan kenangan Anda berdua akan masa kecil, perjalanan hidup, tentang masamasa pacaran,dan sebagainya. Caranya sederhana, Anda cukup memberikan pertanyaan bagi para undangan dengan menguji seberapa dalam mereka mengenal atau menebak pribadi Anda berdua. Misalnya, dengan melontarkan pertanyaan tentang masa kecil.Atas partisipasi mereka, jangan lupa siapkan juga hadiahnya.

Pesta Multibahasa

Anda tentu ingin semua tamu bisa menikmati pesta pernikahan Anda berdua. Karena itu, jika Anda yakin pesta Anda akan dihadiri tamu yang multietnis, sebaiknya sediakan penerjemah. Terlebih, jika Anda menikah memakai prosesi tradisional. Bila tidak, bukan tidak mungkin mereka akan segera pamit pulang karena tak kuasa menahan bosan.

Unjuk Bakat

Jika mempelai bersuara emas,boleh juga berjalan menghampiri pasangannya dengan menyanyikan lagu romantis favorit Anda.Kemudian, saling bersahutan menyanyi sambil melangkah menuju pelaminan. Kemahiran menari pun bisa ditonjolkan dalam acara ini.

Awalan yang Mengejutkan


Ingin pembukaan yang lebih spektakuler? Cobalah untuk memasuki arena pesta dengan cara yang cukup beda.Bila Anda mahir berkuda, mengapa tidak memasuki area pesta bak ksatria di atas pelana. Banyak lagi pilihan menarik lain yang bisa Anda pilih dengan pertimbangan hobi, keunikan, atau fantasi Anda berdua. Misalnya, muncul dari dalam kolam renang atau danau, diiringi konvoi mobil antik, terjun payung, atau melayang- layang menggunakan sling ala Tarzan atau pilihan cara lainnya. Ini tergantung kreativitas Anda berdua.

Wine Tasting

Anda penggemar wine? Bila ya, ide menyewa sommelier untuk memberikan pelajaran wine-tasting pada tamu-tamu Anda pasti lebih menarik dari sekadar menyajikan wine dalam pesta. Ide ini juga bisa dikembangkan untuk mengajarkan dansa salsa. Pasti tamutamu akan berdecak kagum.

Dress Code

Menentukan dress code untuk pesta pernikahan bukanlah hal tabu. Jurus ini akan memperkuat atmosfer pesta Anda menjadi sesuatu yang takkan terlupa.Namun,jangan memberikan dress codeyang terlalu sulit. Jangan sampai undangan tak jadi datang karena sulit mencari busana yang sesuai.

Variety Show

Munculkan atraksi unik dalam pesta, seperti menghadirkan peramal atau pesulap berkelas. Atau bila memang memungkinkan, bisa saja menyediakan pojok-pojok permainan ketangkasan dan video games, PlayStation, dan sebagainya. Nah, selamat mencoba!!! (fitri oktarini/atika)

Sumber Artikel:
www.seputar-indonesia.com





Back to index
Home       About Us       Events       Gallery       Clients       Partner       Guestbook       Contact Us
Privacy Policy | Terms Of Use